Khasiat Utama Buah Duku

Tanaman Buah Duku merupakan salah satu jenis tanaman buah yang hidup subur di wilayah  tropis dengan bertipe iklim basah yang mana buah yang satu ini berasal dari Malaysia dan Indonesia (Kalimantan Timur). Dari negara asalnya, kemudian buah duku ini menyebar luas hingga ke Vietnam, Myanmar, dan India.

Khasiat Utama Buah Duku

Penyebaran duku ini tidak serta merta begitu cepat dibandingkan dengan tanaman buah manggis. Nama lain yang sering digunakan untuk Lansium domesticum adalah Aglaia dookoo Griff atau Aglaia domesticum (Corr.) Pelegrin. Di dunia, setidaknya dikenal tiga macam spesies Lansium yang mana hampir mirip satu sama lain dengan buah duku ini, yakni duku, langsat, dan pisitan (getahnya paling banyak). Namun, yang terkenal adalah duku dan langsat.

Baca Juga: Keunggulan Sawo Manila

Di luar tanah Jawa, buah duku ini sering sekali disebut buah langsat. Namun ketika berada di daerah luar Jawa, buah langsat juga sering disebut kokosan. Duku mempunyai banyak varietas, namun akan tetapi beberapa varietas lainnya mempunyai ukuran buah yang sangat kecil dan buah Duku inilah yang mempunyai ukuran buah yang cukup besar.

Ada yang mempunyai biji yang cukup besar, dan ada pula yang tidak mempunyai biji sama sekali atau yang biasa disebut (partenokarpi), tetapi ada pula yang apomiksis (biji vegetatif ). Sentra produksi duku yang penting adalah Palembang, Pasarminggu (Condet), Karanganyar, dan Kulonprogo (Nanggulan). Singosari (Malang) terkenal dengan langsatnya yang tanpa biji. Negara penghasil duku adalah Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu masalah dalam organ pencernaan dan merupakan hal yang sering terjadi adalah penyakit sembelit. Kondisi semacam ini biasanya akan terjadi akibat asupan serat yang mana tidak tercukupi dengan baik dan cenderung dominan.

 Nah, salah satu cara untuk mencegah agar sembelit tidak kambuh adalah dengan mengkonsumsi secara teratur buah duku.  Pasalnya, di dalam 100 gram buah duku setidaknya mengandung sejumlah 8,9 gram serat yang mana dengan jumlah itu,akan sangat baik untuk sistem pencernaan Anda dan menjaga tetap sehat dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Kaya antioksidan

Selain memiliki manfaat yang cukup banyak,buah duku ini juga sangat baik terutama untuk masalah organ pencernaan, terlebih buah duku ini juga sangat dikenal sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa buah duku ini banyak sekali memiliki sebuah kandungan antioksidan yang mana jumlah ini mirip dengan buah pisang dan juga pepaya.

Antioksidan tersebut juga dapat membantu tubuh untuk memecah adanya serangan dari radikal bebas yang biasanya merusak sel, dan tentunya akan menyebabkan penyakit, dan mempercepat penuaan dini.

3. Sumber vitamin B dan C

Buah yang satu ini juga mengandung beragam vitamin B, mulai dari thiamin, riboflavin, dan juga senyawa niacin.

Vitamin B dari buah duku ini akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi sebuah energi baru dan juga akan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf pada otak.

Tidak hanya B saja yang ada dalam buah ini, ternyata buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat secara optimal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membantu mencerna lemak tubuh.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>