Jual Bibit Sawo Mentega

Tanaman Sawo Mentega yang satu ini sangat berbeda dari sawo pada umunya,nama sawo ini ialah sawo mentega,dinamakan demikian sebab sawo ini memiliki daging yang berwarna kuning seperti layaknya mentega. Sawo ini sangat populer sekali di daerah Asia Tenggara dan banyak juga masyarakat indonesia menyebutnya dengan sawo belanda atau sawo keju di karenakan warna  daging yang hampir sama dengan keju.

Sawo mentega ini sangat sulit di temukan di Indonesia dan harganya pun relatif mahal antara 20 hingga 40 ribu rupiah dengan buah yang berjumlah 10 biji. Warna dasar buah sawo mentega ini cenderung oranye dan juga kuning langsat,dari tekstur buah sendiri sangat berbeda dengan kebanyakan sawo pada umumnya.

Jual Bibit Sawo

Berbeda dengan sawo umum yang memiliki daging ber air dan dang agak keras,Sawo mentega ini cenderung kasar,kering,kasat namun empuk seperti mengandung tepung,rasanya pun tidak begitu manis dan hampir mirip seperti ubi atau labu kuning,biji buah sawo mentega ini juga berukuran sangat besar dan berwarna coklat mengkilap.

Dari beberapa negara banyak yang mengkonsumsi sawo mentega ini sebagai tambahan apada ice cream dan milkshake atau juga kerap juga di jadiakn sebuah topping pada kue untuk menggantikan labu kuning.

Di Indonesia sendiri sangat jarang di temukan untuk tanaman sawo mentega ini,walaupun sebenarnya tanaman buah ini tidak mengenal musim apapun dan dapat di tanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Memiliki tinggi pohon berkisar 2 sampai 4 meter.

Pohon sawo mentega ini sangat kokoh dan kuat memiliki batang kayu coklat namun agak kehitam-hitaman,daun nya pun juga berwarna hijau gelap dan apada bagian tepi ujungya agak sedikit lancip.  Sawo mentega ini jika sudah matang tekstur nya agak sedikit lembek dan empuk dan berbeda dengan kebanyakan sawo pada umunya yang bertekstur keras walaupun sudah matang.

Budidaya bibit pohon sawo

·         Tahap pemilihan bibit sawo dan persiapan lahan

Pohon sawo ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata 900 mdpl. Pohon sawo ini juga memerlukan daerah yang memiliki volume curah hujan yang cukup yakni sekitar 1.250 mm hingga 2.500 mm per tahunnya. Pastikan juga tempat yang akan dijadikan sebagai lahan budidaya pohon sawo ini tidak terlalu panas. Siapkan juga bibit pohon sawo   dengan kualitas terbaik juga. Biasanya bibit sawo ini didapatkan dari hasil cangkokan.

Bersihkan juga lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon sawo ini dari gulma – gulma ataupun semak – semak yang tumbuh secara liar. Agar nantinya gulma atau semak ini tidak mencuri nutrisi yang harusnya didapatkan oleh bibit pohon sawo. Jika lahan sudah siap maka tinggal menyiapkan hal yang selanjutnya.

Jual Bibit Sawo

·         Tahap pembuatan lubang tanam dan jarak tanam bibit pohon sawo

Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk pohon sawo ini adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm untuk jenis tanah yang gembur dan 100 cm x 100 cm x 100 cm untuk jenis tanah yang tidak gembur. Tanah galian dari pembuatan lubang tanam ini sebaiknya jangan dibuang begitu saja.

Nantinya tanah galian ini campurkan dengan pupuk organik (pupuk kompos) untuk dijadikan sebagai tanah timbun. Untuk jarak tanam bibit pohon sawo ini rata – rata memiliki ukuran 10 m x 10 m untuk permukaan tanah yang datar dan 7 m x 8 m untuk permukaan tanah yang miring. Lubang tanam yang sudah dibuat tadi tuangkan pupuk kandang dengan dosis yang cukup dan biarkan selama 2 minggu. Bila sudah 2 minggu maka langkah selanjutnya tinggal penanaman bibit.

·         Tahap penanaman bibit pohon sawo

Setelah lubang tanam sudah siap maka tinggal proses penanaman bibit saja. Tanam bibit pohon sawo tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang sudah kita buah sebelumnya. Padatkan tanah timbun tersebut agar bibit pohon sawo nantinya tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman air pada bibit pohon sawo yang baru ditanam secara secukupnya.

·         Tahap perawatan dan pemeliharaan pohon sawo

Pertama adalah tahap pemupukan pohon sawo. Berikut ada paparan mengenai dosis pemupukan untuk bibit pohon sawo :

  • Tahap adaptif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo berusia 0 – 3 tahun an. Gunakan pupuk organik jenis pupuk kandang. Berikan dosis pupuk 5 kg – 10 kg per bibit pohon sawo.
  • Tahap vegetatif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo berusia 4 – 7 tahun an. Gunakan pupuk anorganik jenis SP 36, Urea, dan KCI. Untuk dosis 3,5 kg untuk pupuk Urea, 1,5 kg untuk pupuk SP 36 , dan 1 kg untuk pupuk KCI. Lakukan pemupukan ini 4x selama 1 tahun.
  • Tahap reproduktif, untuk bagian tahap ini merupakan tahap yang dimulai dengan cara pemupukan pada saat pohon sawo ini mempunyai usia skeitar 8 tahun  hingga umur 14 tahun an. Selalu gunakan pupuk dengan bahan dasar anorganik dan juga pupuk organik yakni pupuk jenis Urea, pupuk SP 36 , pupuk KCI, dan juga pupuk kandang. Untuk dosis 5 kg untuk pupuk Urea, 2 kg untuk pupuk SP 36, 1,5 kg untuk pupuk KCI, dan 5 kg – 10 kg untuk pupuk kandang.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Menjaga kesehatan tulang

Buah Sawo memiliki banyak kandungan seperti  kalsium dan fosfor yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang manusia. Mengkonsumsi rutin buah sawo ini maka kandungan kalsium dan fosfor akan terserap di tubuh anda secara optimal dan dapat menjaga tulang hingga masa tua nanti,kesehatan tulang merupakan salah satu kesehatan yang sangat penting untuk kita perhatikan secara serius.

Mengatasi radang mulut

Penyakit radang mulut sering di sebabkan oleh bakteri dan banyak nya kuman,namun jangan khawatir selama anda rutin berkumur dengan sawo cingcang maka penyakit radang mulut segera dapat teratasi,cara nya pun cukup simple dengan mencingcang buah sawo lalu di rebus selama 10 menit lalu sajikan di dalam 2 gelas besar lalu minum pagi dan sore.

Bagus untuk kesehatan mata

Tak hanya kandungan kalsium dan fosfor,ternyata sawo mentega ini juga memiliki kandungan vitamin A yang mana sangat dominan dibanding senyawa lainnya,dan tentunya hal ini akan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia khusus nya organ mata dan tentunya hal ini akan menjauhkan anda dari serangan penyakit mata seperti katarak.

Mencegah Kanker Usus

Buah sawo jenis mentega ini memiliki serat yang cukup dominan dibandingkan dengan sawo jenis lain,maka tak heran jika saat ini buah sawo mentega ini kerap menjadi obat tradisional dalam mengobati kanker usus dan juga dapat untuk mencegah timbulnya kanker usus dan kanker paru-paru.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>